Dosen Unisnu Ciptakan Kamus Jawa-Jepara Berbasis Android

Dosen Unisnu Ciptakan Kamus Jawa-Jepara Berbasis Android

Dosen Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara menciptakan Kamus Jawa-Jepara berbasis Android. Mereka yang terlibat dalam pembuatannya adalah Aliva Rosdiana, Olyvia Revalita Candraloka, dan Harminto Mulyo. Tim yang dipimpin oleh Aliva itu juga telah memperoleh hibah penelitian dari Kemenristek Dikti dengan skema Penelitian Dosen Pemula.

Aliva dan tim mengangkat judul Kamus Bahasa Jawa Jepara Berbasis Android Dalam Kajian Leksikografi.  Menurut Aliva, pemanfaatan teknologi yang ada dalam smartphone menjadi alasan pembuatan kamus android ini. Selain itu, era teknologi revolusi industri 4.0 menuntut ketersediaan informasi dengan cepat, tepat, dan praktis. Maka, kamus Jawa-Jepara berbasis android merupakan pilihan yang tepat dibandingkan kamus manual.

Proses pembuatan kamus itu membutuhkan waktu selama 8 bulan, sejak pengumpulan data, wawancara, penyusunan, pengkategorian bahasa Jawa, hingga membuat desain prototype untuk kamus android.

Tim peneliti berkolaborasi menyalurkan ilmu kebahasaan pada kajian leksikografi serta ilmu teknologi untuk pembuatan kamus android. Kamus bahasa Jawa-Jepara ini sudah bisa diinstal langsung melalui playstore dan diaplikasikan dalam smartphone sehingga memudahkan penggunanya.

Kamus bahasa Jawa-Jepara ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Jepara. Aliva juga menambahkan bahwa kamus itu ini dibuat untuk membantu para pendatang agar cepat memahami dialek Jawa-Jepara yang khas.

Jika ada ingin menginstal kamus Jawa-Jepara, ini, sila akses melalui tautan berikut ini:

https://play.google.com/store/apps/details?id=id.ac.unisnu.kamus&hl=in