Dorong Peningkatan Literasi Bahasa bagi Mahasiswa dan Pelajar, UPT Pengembangan Bahasa Unisnu Jepara Selenggarakan Festival Bulan Bahasa

Dorong Peningkatan Literasi Bahasa bagi Mahasiswa dan Pelajar, UPT Pengembangan Bahasa Unisnu Jepara Selenggarakan Festival Bulan Bahasa

Guna meningkatkan kemampuan berbahasa dalam skill literasi bagi para pelajar dan mahasiswa, UPT Pengembangan Bahasa UNISNU Jepara menggelar Festival Bulan Bahasa  bekerjasama  dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Orsha (Organisasi Bahasa)  dengan mengadakan lomba-lomba tingkat nasional tingkat SMA sederajat dan Mahasiswa melalui online (daring) maupun offline (luring).

Festival Bulan Bahasa 2021 mengangkat tema “Mengepakkan Sayap Indonesia Melalui Bahasa." Acara ini terselenggara bersamaan dengan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober dengan harapan para pelajar dan mahasiswa memiliki ruang berekspresi untuk meningkatkan literasi bahasa. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari dan digelar secara luring di gedung Fakultas Sains dan Teknologi Unisnu lantai 3 (28/10-2021). Rangkaian acara Festival Bahasa sehari secara offline meliputi lomba Speech diikuti oleh tingkat SMA sederajat dan lomba Duta Bahasa oleh tingkat mahasiswa Unisnu.

Adapun beberapa lomba telah diselenggarakan secara daring tingkat SMA sederajat dan mahasiswa meliputi lomba essay, lomba podcast, dan lomba short movie.

Acara ini dihadiri oleh Rektor  Unisnu, Dr. H. Sa'dullah Assa'idi, M.Ag., yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang I, Dr. H. Mahalli, M.Pd., segenap panitia Festival Bulan Bahasa, para peserta lomba, dan para undangan.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang I, Dr. H. Mahalli, M.Pd., memberikan apreasiasi kepada ketua UPT Pengembangan Bahasa, Aprilia Riyana Putri, M.Pd. atas diselenggarakannya Festival Bulan Bahasa. "Selamat kepada segenap panitia, khususnya ketua  semoga membawa manfaat dan berkah. Ucapan terimakasih kepada kepala UPT pengembangan bahasa unisnu Jepara, Aprilia Riyana Putri, M.Pd. Kegiatan terselenggara bersamaan dengan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021. Menjunjung tinggi bahasa Indonesia sesuai dengan sumpah pemuda alenia 3 menjadi perhatian khususnya pada penggunaan yg benar dan tindak tutur. UPT pengembangan bahasa tidak hanya melayani bahasa Inggris juga bahasa lain yaitu bahasa Arab, Indonesia, dan Korea. Semoga UPT pengembangan bahasa mampu mengembangkan UPT menjadi pusat pelayanan masyarakat yang dibutuhkan oleh masyarakat," ujarnya.

Ketua panitia Festival Bulan Bahasa, Tristan Alfian, M.Sn., menyampaikan apresiasinya kepada para peserta dan undangan turut meramaikan kegiatan Festival Bulan Bahasa. "Kegiatan Festival Bulan Bahasa ini merupakan tahun ke-2 diselenggarakan oleh UPT Pengembangan Bahasa dengan tema literasi," ujarnya.

Pemenang Lomba-lomba

Pemenang lomba Essay yaitu juara 1 atas nama Aliyuddin Erick Kurniawan dari Unisnu Jepara, Juara 2 diraih oleh Ahmad Hadlirin Maulana Yusuf dari Unisnu Jepara, dan juara 3 diraih oleh Veronica Nancy Pratiwi dari Universitas Jenderal Soedirman.

Pemenang lomba Podcast yaitu juara 1 diraih oleh Muhammad Wahyudi dari Unisnu, dan juara 2 diraih oleh Naila Faza Allysea dari SMA N 1 Tahunan.

Pemenang lomba Short Movie yaitu juara 1 diraih oleh Galang Riezqi Aesa dari Unisnu, dan juara 2 diraih oleh Helen Febri Valentina dari MA Al Fauzin Guyangan Bangsri.

Lomba Speech dimenangkan oleh juara 1 diraih oleh Misykah Auliya Ghifara dari MAN 1 Jepara, juara 2 diraih oleh Marsa Anggita Fairuza dari SMA 1 Tahunan Jepara, dan juara 3 diraih oleh Wahyu Intan Maulinnikmah dari SMA 1 Tahunan Jepara. Sedangkan lomba Duta Bahasa mahasiswa Unisnu juara 1 diraih oleh Isna Umroatul Farihah (PG-PAUD), juara 2 diraih oleh Muhammad Syahrul Romadhon (Manajemen), dan juara 3 diraih oleh Tazkiyya Fillah Auliya (Ekonomi Islam).

Kontributor : Aleeva

Editor : aishray