Diseminasi percepatan usulan Jabatan Fungsional Dosen UNISNU


UNISNU Jepara selenggarakan kegiatan Diseminasi percepatan usulan Jabatan Fungsional Dosen (Jafa) Selasa (20/1), bertempat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kegiatan ini diikuti oleh 95 Dosen tetap UNISNU Jepara. Sebagai universitas baru penggabungan dari tiga perguruan tinggi sebelumnya, UNISNU memiliki banyak Dosen baru yang menempati beberapa program studi baru.

Wakil Rektor I Dr. Sa’dullah Assa’idi dalam sambutannya menyampaikan “Perjalanan UNISNU yang tidak begitu lama ini, kita akan memasuki proses penguatan eksistensi Dosen, sebagai tulang punggung proses pembelajaran” paparnya. Lebih lanjut, “Respon dosen untuk mengikuti pelatihan ini cukup baik dengan banyaknya jumlah dosen yang mengikuti, hal ini dirasa cukup membanggakan” paparnya.

Aida Nahar, selaku ketua penyelenggara menyampaikan “Guna mendorong dosen lebih cepat mengurus usulan pengajuan jabatan fungsional Dosen, meskipun dari sisi regulasi DIKTI masih menungu ketentuan baku yang akan diberlakukan, namun kita harus siap dulu, begitu ajuan di Kopertis dibuka langsung diajukan” paparnya.

Mulanya kegiatan direncanakan dalam bentuk diseminasi hasil-hasil pelatihan jafa dari Dosen yang dikirim mengikuti pelatihan dalam bentuk pemaparan umum, namun mengingat persyaratan Dosen yang harus memiliki jabatan fungsional, maka dilakukan praktik penyusunan usulan jafa dan dipersyaratkan bagi peserta untuk mengumpulkan usulan satu minggu setelah pelatihan.

Pelatihan sehari ini meliputi penyampaian kebijakan umum pengelolaan Jafa di UNISNU; Jenjang karir dosen, pendidikan dan pengajaran; Penelitian dan pengabdian; Teknik pengajuan Jafa dan rubrik kegiatan serta praktik simulasi pengisian instrumen Jafa. Hingga berita ini dipublikasikan kegiatan masih berlangsung.