Binaan KKN Suwawal Timur Pameran di Festival Industri Kreatif

Binaan KKN Suwawal Timur Pameran di Festival Industri Kreatif

Jepara - Hampir 2 hari perhelatan Festival Industri Kreatif digelar di Gedung Haji (IPHI) Jepara 4-5 Maret 2017. Sebuah komunitas film Sima Entertainment berkerjasama dengan KPP Pratama Jepara mengadakan kegiatan festival tersebut dengan tujan menampilkan dan memperkenalkan potensi perekonomian masyarakat Jepara lewat industri kreatifnya, dengan mengembangkan produk kerajinan ini diharapkan bisa mengembangkan ekonomi kreatif yang saat ini banyak tumbuh di Jepara.

Acara yang diikuti banyak peserta mulai dari stan pelaku industri batik, tenun troso, sanggar kostum, bank sampah yang memproduksi sampah menjadi bahan siap pakai sampai beberapa komunitas gambar yang menjual gambarnya di stan yang telah disediakan oleh panitia. Tampak antusias terlihat mengikuti pameran tersebut sejak hari pertama pembukaan.

Bahkan juga tampil pada festival ini, salah satunya adalah Tunggak Bambu karya kelompok binaan Mahasiswa UNISNU Jepara dari desa Tuk Songo Suwawal Timur Pakis Aji. Bermula dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa membina sejumlah remaja kreatif sehingga menghasilkan bonggolan bambu yang unik dan artistik. Ada berupa patung wajah, buah, bahkan topeng dari berbagai ukuran. Iqbal salah satu mahasiswa yang turut membina kelompok ini menerangkan, bahwa kerajinan ini cukup unik dan masih sedikit kompetitor yang menghasilkan karya serupa.

Selain diikuti oleh 48 stan dari ekonomi kreatif Jepara, acara ini juga menggelar lomba film ekonomi kreatif, dengan peserta dari pemuda Jepara sejumlah 15 peserta dengan durasi film 5 – 8 menit dengan tema industry Kreatif. Turut tampil mengisi acara, yakni sutradara Film Kartini Hanung Bramantyo yang sekaligus mempromosikan film terbarunya itu.

Kerajinan Jepara yang sudah mendunia yakni ukir, harus dikembangkan. Selain itu dia juga menyampaikan bahwa masyarakat Jepara harus mampu mengembangkan ukir menjadi lebih besar dan menyerap tenaga besar, melalui inovasi yang ada.

Acara seperti ini harapannya akan bisa menjadi ajang promosi, memperkenalkan dan memasarkan hasil ekonomi kreatif Jepara. Selain itu, pembentukan acara ini juga akan banyak menimbulnan atau melahirkan SDM di dalam bidang ekonomi kreatif yang membawa inovasi dan kreativitas untuk mendongkrak ekonomi Jepara semakin dikenal. (xpo/humas B3)