BERKAH ILMIAH UNTUK PARA DOKTOR UNISNU JEPARA

BERKAH ILMIAH UNTUK PARA DOKTOR UNISNU JEPARA

BERKAH ILMIAH UNTUK PARA DOKTOR UNISNU JEPARA

Oleh: Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag.
Rektor Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara (UNISNU JEPARA)


Dua belas doktor baru lahir untuk UNISNU JEPARA sejak awal 2022 hingga Agustus 2022, adalah peneliti dan pengembang ilmu pengetahuan. Tradisi keilmuan hingga kini, diakui bahwa semua ilmu yang diteliti itu menuntut dukungan empiri. Meski data para peneliti beragam, namun menurut rasionalisme hal itu dibangun dari berpikir kritis-cerdas, yang tentunya menggunakan imajinasi rasional teoretis.

Sebagai Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama, UNISNU JEPARA dengan Islam Ahlussunah wal-jama'ah memiliki motif keilmuan realisme metafisik. Sehingga ilmu-ilmu yang dikembangkan cenderung dengan dominasi berpikir deduktif karena lebih prospektif daripada berpikir induktif.

Sebenarnya motif keilmuan realisme metafisik menunjukkan kebenaran Islam yang rahmatan li al'alamin dapat merentang, dari kebenaran Islam yang transendental metafisik bisa bergeser menjadi kebenaran Islam empiris fisik yang mengambil ruang dan waktu, yaitu kebenaran ilmiah yang kini kita beri ucapan selamat kepada para doktor yang berhasil membangun ilmu itu.

Para doktor itu berhasil menempuh faktualisasi terhadap rumusan ideal,  prinsip ajaran dan nilai-nilai dari suatu ilmu tertentu dengan prosedur yang sangat berarti, rasional dan konsisten digeser melalui membuat abstrak, konsep, hingga analisis dan pemaknaan atas tumpukan empiri atau pengalaman dengan ketajaman rasionalitas.

Dari latar belakang ilmu para doktor UNISNU JEPARA yang beragam --tapi bertenda Islam Ahlussunah wal-jama'ah an-Nahdliyyah-- itu, semuanya melewati proses mengubah atau interpretasi atas ajaran ideal agama menjadi konfigurasi faktual keberagaman. Tentu sebagai produk penelitian, bagaimana pun ujung akhir proses faktualisasi dari ilmu ideal tetap adalah Islam, meskipun sudah berdimensi dengan ruang dan waktu yang parsial tetapi memuat makna universal.

Bersyukurlah.. Allah melimpahkan berkah ilmiah untuk para doktor Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. Dari masing-masing personal doktor dapat dijumpai adanya proses perubahan dari ilmu yang universalitas menjadi simpulan ilmu yang singularitas, bahkan dari wujud ide dapat dibaca berupa suatu fakta yang nyata. Semoga ilmu yang diperoleh para doktor UNISNU JEPARA bermanfaat dan selalu disyukuri sebagai hidayah Allah hingga berbunga kesalehan yang menyejukkan.