1489 Mahasiswa Baru Unisnu Ikuti PKKMB

1489 Mahasiswa Baru Unisnu Ikuti PKKMB

Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) TA 2019-2020. Mengambil tema “Membentuk Karakter Mahasiswa Revolusioner”, kegiatan PKKMB dilangsungkan di tiga tempat, yakni Lapangan Unisnu, Gedung MWC NU, dan masing-masing fakultas. (3-8/9/2019).

PKKMB Diikuti oleh 1489 peserta yang dibagi menjadi dua rangkaian pelaksanaan yang berbeda, yakni reguler satu sebanyak 884 mahasiswa dilaksanakan pada Selasa-Sabtu (3-7/9), Sedangkan reguler dua 605 mahasiswa yang akan dilaksanakan pada Minggu, (8/9) di fakultas masing-masing. Acara dibuka dengan pembacaan tahlil oleh Redi Suwondo, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya, Yalal Wathon dan Mars Unisnu Jepara.

Kepala Biro 3 Drs. Suliyono., M.M. menjelaskan kegiatan PKKMB tahun 2019 sebagai berikut Dasar UUD nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi, PKKMB juga bertujuan untuk mengenalkan kesadaran berbangsa dan bernegara dan bela negara. “Dengan kegiatan ini, saya harap adik-adik mahasiswa baru bisa lebih mengenal kehidupan kampus, khususnya organisasi kemahasiswaan.” Ujarnya.

Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (Yaptinu) Jepara Shodiq Abdullah menuturkan Unisnu Jepara merupakan Universitas Islam yang berhaluan Ahlussunnah Wal Jamaah. “Pada tahun 2018 Unisnu meraih peringkat ke empat Perguruan Tinggi NU Se-Indonesia. Menurut pemeringkatan Kemenristekdikti,  pada tahun 2019 Unisnu Jepara meraih peringkat 178 untuk perguruan tinggi kategori non vokasi dari 4000 lebih perguruan tinggi di Indonesia,”pungkasnya.

Rektor Unisnu Jepara Sa’dullah Assaidi menghimbau mahasiswa baru dianjurkan membaca buku panduan akademik dan mengetahui fasilitas yang ada di Unisnu. “Saya ucapkan selamat untuk mahasiswa baru yang telah bergabung di Unisnu Jepara,”tambahnya.

Rektor Unisnu menyematkan Id card ke mahasiswa baru sebagai pembukaan resmi PKKMB, dilanjutkan dengan pemukulan gong serta pemutaran 884 kincir angin oleh mahasiswa baru. Ke-884 kincir angin ini nantinya akan disumbangkan ke Rumah Belajar Ilalang dan komunitas belajar yang ada di Jepara. (Dian)